Perencanaan Strategis

No.ProgramTahun

2021/2022

Tahun

2022/2023

Tahun

2023/20224

Tahun

2024/2025

1.Pemenuhan Standar Isi:
Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)

§  Pengembangan dan Penyempurnaan KTSP  50 %  mandiri

§  Pengembangan dan penyempurnaan KTSP 70% mandiri

§  Pengembangan dan penyempurnaan KTSP 90 % mandiri

§  Pengembangan dan penyempurnaam KTSP sepenuhnya (100%) mandiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengembangan silabus

§  Pengembangan RPP

o  Sekitar 25 % RPP disusun melalui mekanisme MGMP

o  Sekitar 50 % RPP disusun melalui mekanisme MGMP

o  Sekitar 75 % RPP disusun melalui mekanisme MGMP

o  100 % RPP disusun melalui mekanisme MGMP

§  Workshop

o  Workshop penilaian

o  Workshop model pembelajaran

o  Workshop pemanfaan IT untuk pembelajaran

o  Workshop Rintisan Madrasah Bilingual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengembangan Bahan Ajar, Modul dan  Buku

§ Pengembangan bahan ajar berorientasi Pendidikan Kecakapan Hidup untuk semua mata pelajaran

o  Semua guru/mapel mengembangkan bahan ajar sendiri (handout, lembar materi, lembar kerja)dalam mengembangkan kecakapan akademik, personal dan sosial, sekurang-kurangnya pada :

o  1 KD per semester

o  2 KD per semester

o  3 KD per semester

o  4 atau lebih KD per semester

·         Pengembangan Panduan Pembelajaran

o  Penyusunan

o  Penyempurnaan

§  Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar

o  Penyusunan

o  Penyempurnaan

§  Pengaturan sistem Madrasah bilingual

o  Studi kelayakan

o  Persiapan (penyusunan panduan & sosialisasi)

o  uji coba

o   Penerapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2Pemenuhan Standar Proses:
Pemenuhan persiapan pembelajaran

§  Pemenuhan  RPP sesuai ketentuan

o  25 %

o  50 %

o  50 %

o  100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Pemenuhan persyaratan pembelajaran

1.   Penataan Ruang Kelas

§  Ruang kelas memadai untuk pembelajaran dengan memanfaatkan IT

o  25 %

o  50 %

o  75 %

o  100 %

§  Ruang kelas memiliki papan pajangan

o  25 %

o  50 %

o  50 %

o  100 %

2.   ATK Kelas

ATK kelas selalu tersedia sesuai kebutuhan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peningkatan pelaksanaan pembelajaran

§  Pendekatan tatap muka

Tiap kelas  melaksanakan pembelajaran tatap muka sekurang-kurangnya 95%

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Pembelajaran Berbasis TIK

o   Semua guru melaksanakan pembelajaran berbasis TIK (IT) sekurang-kurangnya pada:

o   1 KD per semester

o   2 KD per semester

o   3 KD per semester

o   4 atau lebih KD per semester

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Tim Teaching  Kelas khusus

o   Studi kelayakan

o   Uji coba

o   Penerapan

o   Penyempurnaan

§  Pendekatan tatap muka dan atau Tugas Terstruktur dan tidak terstuktur (Mndiri)

o  Semua guru sekurang-kurangnya memberikan tugas tatap muka dan/ atau tugas mandiri pada tiap KD serta memberikan sekurang-kurangnya 1 tugas mandiri pada tiap semester

§  Pemamfaatan Perpustakaan

o   Semua guru memanfaatkan buku perpustakaan sebagai sumber pembelajaran, untuk pengayaan maupun pada KD tertentu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Pemanfaatan  Laboratorium

o   Mapel yang berhubungan dengan penggunaan laboratorium, menggunakan lab. Untuk kegiatan praktikum pada seluruh KD yang menuntut praktikum

 

§  Konsultasi mata pelajaran

o   Seluruh guru menyediakan waktu pada 1 hari tertentu dalam setiap pekan untuk konsultasi mata pelajaran bagi siswa

§  Bimbingan oleh Wali kelas

o   Seluruh wali kelas memberikan bimbingan secara klasikal 1 kali dalam 2 pekan sekurang kurangnya 1 x setiap bulan

o   Seluruh wali kelas  melaksanakan peran dan fungsi sebagai konselor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Pengelolaan pembelajaran dengan sistem bilingual

o   Studi kelayakan

o   Persiapan (Penyusuanan panduan & sosialisasi)

o   Uji coba

o   Penerapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peningkatan pelaksanaan penilain

o   Ulangan Harian

o   Penilaian Tengah semester

§  Seluruh guru melaksanakan ulangan harian/blok untuk seluruh KD

o   Penilaian Tengah Semester

§  Melaksanakan UTS

o   Ulangan Akhir Semester

§  Melaksanakan PAS

§  Melaksanakan UN/UM/AKM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Peningkatan pengawasan proses pembelajaran

o   Supervisi Klinis dan Tindak Lanjut

§  Guru mendapatkan supervisi klinis

o  50 %

o  50 %

o  90 %

o  100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan :
Peningkatan prestasi bidang akademik

§  Program Penguatan Mata Pelajaran Ujian Nasional  dan Ujian Madrasah

·         Pengayaan

1.    Kelas IX:

Pelatihan Baca Tulis Al-Quran yang diikuti seluruh siswa dengan target minimal siswa yang mahir BTQ

o   75%.

o   80%

o   85%

o   90%

Hafalan juz-amma diikuti seluruh siswa.dengan target minimal:

o   60% siswa hafal juz-amma

o   70% siswa hafal juz-amma

o   80% siswa hafal juz-amma

o   90% siswa hafal juz-amma

 

2.    Kelas IX:

·  Hafalan juz-amma lengkap dengan artinya dengan target minimal 90 %

·  Tambahan bimbingan belajar mapel  UN, UM, AKM

Target minimal diikuti oleh 90% siswa setiap angkatan

.

 

 

·  Menyelenggarakan Lomba Cerdas- Cermat setiap tingkat siap mental dan keilmuan dalam mengikuti lomba di luar madrasah

Target:

·         80%

·         85%

·         90%

·         95%

·  Mengikuti lomba-lomba dengan Target minimal:

·         juara II tingkat kabupaten

·         finalis tingkat provinsi

·         juara III tingkat propinsi

·         finalis tingkat nasional

·         Training Motivasi Siswa Kelas IX

Target:

·      80%

·      85%

·      90%

·      95%

§   Tim Teaching Mata Pelajaran UN

§  Bina Prestasi Akademik

Pra AKSIOMA

·      juara II tingkat kabupaten

·      finalis tingkat propinsi

·      juara III tingkat propinsi

·      finalis tingkat nasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan prestasi bidang Non akademik

§  MATSAMA

§  Pembinaan OSIS

§  Pembinaan Ekstra Kurikuler

§  Pembinaan Imtak dan Akhlak Mulia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Peningkatan jumlah kelulusan

§  Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi Ke SLTA

§  Pembinaan dan Sosialisasi  bimbingan Karir, untuk melanjutkan ke MA/Sekolah unggul

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4Pemenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan :
§  Pemenuhan tenaga pendidik berkualifikasi minimal S-1

§  Pemenuhan tenaga pendidik berlatar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan

§  Peningkatan jumlah pendidik yang bersertifikat profesi pendidik

§ 80%

§ 90%

§ 95%

§ 100%

§  Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan

§ 50%

§ 60%

§ 70%

§ 80%

§  Peningkatan kemampuan pendidik dalam pengembangan bahan ajar

§ 50%

§ 60%

§ 70%

§ 80%

§  Peningkatan kemampuan guru Bimbingan Konseling dalam penyusunan program konseling

§ 60%

§ 70%

§ 80%

§ 80%

 

§  Pemenuhan tenaga perpustakaaan berlatar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya

§  Pemenuhan tenaga laboratorium berlatar belakang pendidinsesuai dengan tugasnya

§  Pemenuhan tenaga laboratorium  memiliki kualifikasi pendidikan sesuai yang dipersyaratkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5Pemenuhan Standar Sarana Prasarana :
Lahan

§  Peningkatan penataan lahan parkir kendaraan roda empat dan roda dua

§  Peningkatan penataan taman berwawasan adiwiyata

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bangunan Gedung

§  Pemeliharaan dan penataan bangunan gedung

§  Pemenuhan lampu penerangan ruang dan halaman

§  Pengadaan lampu senter , dispenser

§  Penataan ulang penempatan papan pengumuman/mading

§  Perbaikan papan Visi, Misi dan Tujuan madrasah

§  Pembuatan media vertikal garden

§  Pengecatan seluruh gedung

§  Pembuatan gedung kesenian/Gazebo serba guna

§  Penataan ruang lab. Komputer

§  Pengadaan lab. IPA

§  Penataan koridor depan kelas

§  Pemasangan sanitasi air dan wastapel

§  Pengadaan lapang tenis meja, dan ram volley

§  Penggantian keramik yang rusak dan tidak seragam

§  Pengadaan kantin refresentatif secara sentralistik di dalam lingkungan madrasah

§  Pengadaan tempat sampah organic non organik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Kelas

§  Penataan dan pemeliharaan ruang kelas

§  Pengadaan lemari tiap kelas

§  Pengadaan infocus

1.25%

2.50%

3.75%

4.100%

§  Pelengkapan instalasi listrik setiap kelas

§  Penyediaan pengadaan papan Pajangan

§  Penyediaan ATK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Perpustakaan

§  Pemeliharaan dan perbaikan instrumen pendukung

§  Penyediaan ATK, alat musik, AC dan tralis

§  Pemenuhan koleksi buku referensi siswa dan guru

§  Pengadaan buku pegangan untuk guru

§  Pengadaan infocus

§  Penambahan rak buku

§  Pengadaan bangku baca bebasis digital

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laboratorium IPA, Bahasa,  Komputer, Agama  dan ruang multimedia

§  Laboratorium Komputer (Penataan Ruangan, Perlengkapan Komputer, kamera, infokus, spiker, dan  lemari penyimpanan alat – alat )

§  Laboratorium IPA ( Ruangan, Pengadaan bahan- bahan praktik, lemari penyimpanan alat – alat praktik)

§  Laboratorium Bahasa ( Ruangan dan Prangkat LAB)

§  Laboratorium Agama ( Ruangan, Pralatan Ibadah, referensi praktek ibadah berbasis  digital, Laptof, infokus, TV, internet

§  Pengadaan  Perangkat Dokumentasi (Camera Vidio)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Pimpinan, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang Tempat Beribadah

§  Pembenahan Ruang Pimpinan dan Ruang Tata Usaha

§  Pembenahan ruang guru berdasarkan jenis kelamin

§  Penambahan tempat ibadah putri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Konseling, Ruang UKS, Ruang Osis,

§  Pengadaan ruang kesiswaan secara sentralistik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aspek Jamban dan Gudang

§  Perbaikan dan penambahan WC

§  Pembuatan gudang keterampiilan dan TU

 

 

 

 

 

 

 

 

6Pemenuhan Standar Pengelolaan :
 Perencanaan Program

§  Penyempurnaan dan sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan Madrasah

§  Pemenuhan dan sosialisasi rencana kerja jangka menengah dan tahunan

§  Pemenuhan pelaksanaan kegiatan  dan evaluasi madrasah tahunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Pengembangan Pedoman Madrasah

§  Pemenuhan  pedoman pengelolaan madrasah setiap unit kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Pengembangan Struktur Organisasi Madrasah

§  Pemenuhan dan sosialisasi struktur organisasi madrasah tentang sistem penyelenggaraan dan administrasi

§  Pemenuhan dan sosialisasi uraian tugas, wewenang dan tanggungjawab penyelenggara dan administrasi madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Kegiatan Madrasah

§  Pemenuhan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan

§   program kerja sama dengan instansi/ lembaga pendidikan lain dalam rangka pelaksanaan program: mulok,  uji kompetensi, pendidikan berkeunggulan lokal, regional, dan  nasional

§  Pemenuhan pertemuan rutin antara pimpinan, pendidik dan tenaga kependidikan

§  Pemenuhan pertemuan rutin antara pihak madrasahkomite dan  orang tua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Rencana Kerja Bidang Kepesertadidikan

§  Pemenuhan petunjuk pelaksanaan operasional proses penerimaan peserta didik

§  Pemenuhan layanan konseling secara optimal  kepada seluruh peserta didik

§  Pemenuhan kegiatan ekstra yaitu:

1. Pramuka

2. Paskibra

3. Pencak Silat

4. Karate

5. Karawitan

6. Marawis

7.  Olah Raga

·         Futsal

·         Bola Volly

·         Basket

dan intrakurikuler  yaitu:

1.OSIS

2.Aksioma

3. KIR

 

§  Pemenuhan pembinaan prestasi unggulan , yaitu

1.Aksioma

2.Bola Voly

3.Pencak Silat

4.Karate

5. Karya Ilmiah Remaja

 

§  Pemenuhan pelacakan terhadap alumni

§  Pemenuhan animo masyarakat lingkungan  madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Rencana Kerja kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran

§  Pemenuhan KTSP dan peraturan pelaksanaannya

§  Pemenuhan kalender pendidikan

§  Pemenuhan penilaian hasil belajar dan tindak lanjutnya

§  Pemenuhan dan sosialisasi peraturan akademik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Rencana Kerja Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan

§  Pemenuhan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan

§  Pemenuhan pengembangan pendidik dan tanaga kependidikan

§  Pemenuhan promosi pendidik dan tenaga kependidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Rencana Kerja Bidang Sarana dan Prasarana

§  Pemenuhan program pengelolaan sarana dan prasarana yang mengacu pada standar

§  Pemenuhan dan pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan

§  Pemenuhan pengelolaan peningkatan dan layanan perpustakaan

§  Pemenuhan dan pengembangan fungsi laboratorium serta petunjuk penggunaan

§  Pemenuhan fasilitas fisik kegiatan ektrakurikuler yaitu:

1. Pramuka

2. Paskibra

3. Pencak Silat

4. Karate

5. Karawitan

6. Marawis

7.  Olah Raga

·         Sepak Bola

·         Futsal

·         Bola Volly

·         Basket

dan intrakurikuler  yaitu:

·         OSIS

·         Aksioma

·         KIR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Rencana Kerja Budaya dan Lingkungan Madrasah

§  Pemenuhan suasa iklim dan lingkungan yang kondusifberwawasan adiwiyata

§  Pemenuhan dan sosialisasi pedoman tata tertib madrasah

§  Pemenuhan dan sosialisasi kode etik madrasah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Peran serta Masyarakat  dan Kemitraan Madrasah

§  Pemenuhan jalinan kemitraan dengan instansi//lembaga pendidikan  lain dalam rangka pengembangan madrasah

§  Pemenuhan sistem kemitraan dengan perjanjian tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengawasan dan Evaluasi

§  Pemenuhan program pengawasan yang obyektif, bertanggungjawab dan berkelanjutan

§  Pemenuhan kinerja komite madrasah dalam pemantauan dan pengelolaan madrasah

§  Pemenuhan supervisi pengelolaan akademik oleh Guru senior, kepala madrasah dan pengawas

§  Pemenuhan hasil evaluasi Siswa dari penilaian  guru

§  Pemenuhan laporan pelaksanaan teknis dan tenaga kependidikan kepada kepala madrasah

§  Pemenuhan laporan hasil evaluasi oleh kepala madrasah kepada pihak-pihak yang berkepentingan

§  Pemenuhan evaluasi diri madrasah (EDM) aksi kinerja madrasah

§  Pemenuhan evaluasi dan pengembangan KTSP

§  Pemenuhan evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan

§  Pemenuhan upaya peningkatan nilai akreditasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem Informasi Manajemen

§  Pemenuhan dan pengelolaan sistem informasi madrasah

§  Pemenuhan petugas layanan Informasi

 

 

 

Kesiapan Madrasah

§  Pemenuhan Rintisan madrasah Bilingual

§  Peningkatan kemampuan Warga madrasah dalam berkomunikasi bahasa Arab Inggris

§  Peningkatan kemampuan tenaga kependidikan dalam menggunakan computer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dukungan Eksternal

§  Peningkatan dukungan komite madrasah

§  Pemenuhan sosialisasi dan pernyataan keinginan melaksanakan rintisan madrasah bilingual dari pihak orang tua

§  Pemenuhan dukungan tertulis dari pihak kementrian agama tingkat kabupaten Garut untuk pelaksanaan rintisan madrasah bilingual

§  Pemenuhan dukungan dari perguruan tinggi , LPMP, dalam pengembangan madrasah katagori mandiri

§  Pemenuhan dukungan asosiasi profesi, organisasi non struktural (KKM, MGMP, PGM,Dewan Pendidikan)  dalam pengembangan maadrasah bilingual dan katagori Computational Thingking

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7Standar Pembiayaan :
§  Pemenuhan alokasi biaya pendidikan dan operasional

§  Optimalisasi sumber-sumber pembiayaan pendidikan

§  Pemenuhan pedoman pengelolaan pembiayaan yang mengacu pada standar pendidikan

§  Peningkatan pelaporan penggunaan dana

§  Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8Standar Penilaian Pendidikan :
§  Pemenuhan rencana jadwal pelaksanaan penilaian ; Ulangan Harian, PTS, PAS, UN,UNM dan AK dan Remedial

o   Setiap guru melaksanakan Ulangan Harian sesuai dengan KD;

o   Madrasah melaksanakan PTS, PAS, UN,UM AKM dan remedial sesuai dengan kalender pendidikan

§  Remedial dan Pengayaan

o   Semua guru melaksanakan program remidial dan pengayaan untuk setiap penilaiain

§  Pemenuhan perangkat penilaian ( form )

o   Penyesuaian dan penyempurnaan

§  Pengembangan teknik-tekink penilaian

o   Seluruh guru menggunakan penilaian non tes, yaitu tugas tatap muka, terstruktur dan mandiri

§  Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian

o   Seluruh guru mengembangkan kisi-kisi, soal dan analisis sekurang-kurangnya 1 kali per semester

§  Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian

o   Penyempurnaan perangkat pendokumentasian penilaian

o   Semua mata pelajaran/guru dan siswa mendokumentasikan hasil tugas, ulangan dan ujian secara portofolio

 

§  Peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

o   Penguatan proses pembelajaran, penilaian dan remidial guna memperoleh nilai rapor yang memadai untuk target rata-rata KKM :

§  72

§  73

§  74

§  75

§  Peningkatan perolehan hasil UN,UM dan AKM serta mempertahankan prosentasi kelulusan

o   Penguatan proses pembelajaran pada materi yang sesuai dengan kisi-kisi UN,UM,AKM, sejak kelas VIII dan pemantapan menjelang UN, UM,AKM,

o   Penguatan proses pembelajaran, penilaian dan remidial guna memperoleh nilai rapor yang memadai untuk target rata-rata nilai madrasah:

§  67,50

§  70,00

§  72,50

§  75,00

§  Pengembangan mekanisme penyampaian hasil penilian kepada peserta didik dan orang tua

o   Penyempurnaan cara pembagian rapor siswa kepada orang tua siswa

o   Wali kelas melaporkant dokumen portofolio nilai siswa kepada orang tua

 

§  Peningkatan Prosentase melanjutkan kejenjang SLTA

§  Peningkatan prosentasi melanjutkan ke madrasah/sekolah unggul