No. | Program | Tahun 2021/2022 | Tahun 2022/2023 | Tahun 2023/20224 | Tahun 2024/2025 |
1. | Pemenuhan Standar Isi: | ||||
Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP) § Pengembangan dan Penyempurnaan KTSP 50 % mandiri § Pengembangan dan penyempurnaan KTSP 70% mandiri § Pengembangan dan penyempurnaan KTSP 90 % mandiri § Pengembangan dan penyempurnaam KTSP sepenuhnya (100%) mandiri |
√
|
√
|
√
|
√
| |
Pengembangan silabus § Pengembangan RPP o Sekitar 25 % RPP disusun melalui mekanisme MGMP o Sekitar 50 % RPP disusun melalui mekanisme MGMP o Sekitar 75 % RPP disusun melalui mekanisme MGMP o 100 % RPP disusun melalui mekanisme MGMP § Workshop o Workshop penilaian o Workshop model pembelajaran o Workshop pemanfaan IT untuk pembelajaran o Workshop Rintisan Madrasah Bilingual |
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
| |
Pengembangan Bahan Ajar, Modul dan Buku § Pengembangan bahan ajar berorientasi Pendidikan Kecakapan Hidup untuk semua mata pelajaran o Semua guru/mapel mengembangkan bahan ajar sendiri (handout, lembar materi, lembar kerja)dalam mengembangkan kecakapan akademik, personal dan sosial, sekurang-kurangnya pada : o 1 KD per semester o 2 KD per semester o 3 KD per semester o 4 atau lebih KD per semester · Pengembangan Panduan Pembelajaran o Penyusunan o Penyempurnaan § Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar o Penyusunan o Penyempurnaan § Pengaturan sistem Madrasah bilingual o Studi kelayakan o Persiapan (penyusunan panduan & sosialisasi) o uji coba o Penerapan |
√
√
√
√ √
√ √
|
√
√
√
√ √
√ √ |
√
√
√
√ √
√ √ |
√
√
√
√ √
√ √ | |
2 | Pemenuhan Standar Proses: | ||||
Pemenuhan persiapan pembelajaran § Pemenuhan RPP sesuai ketentuan o 25 % o 50 % o 50 % o 100 %
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
§ Pemenuhan persyaratan pembelajaran 1. Penataan Ruang Kelas § Ruang kelas memadai untuk pembelajaran dengan memanfaatkan IT o 25 % o 50 % o 75 % o 100 % § Ruang kelas memiliki papan pajangan o 25 % o 50 % o 50 % o 100 % 2. ATK Kelas ATK kelas selalu tersedia sesuai kebutuhan |
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
| |
§ Peningkatan pelaksanaan pembelajaran § Pendekatan tatap muka Tiap kelas melaksanakan pembelajaran tatap muka sekurang-kurangnya 95%
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
§ Pembelajaran Berbasis TIK o Semua guru melaksanakan pembelajaran berbasis TIK (IT) sekurang-kurangnya pada: o 1 KD per semester o 2 KD per semester o 3 KD per semester o 4 atau lebih KD per semester
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
§ Tim Teaching Kelas khusus o Studi kelayakan o Uji coba o Penerapan o Penyempurnaan § Pendekatan tatap muka dan atau Tugas Terstruktur dan tidak terstuktur (Mndiri) o Semua guru sekurang-kurangnya memberikan tugas tatap muka dan/ atau tugas mandiri pada tiap KD serta memberikan sekurang-kurangnya 1 tugas mandiri pada tiap semester § Pemamfaatan Perpustakaan o Semua guru memanfaatkan buku perpustakaan sebagai sumber pembelajaran, untuk pengayaan maupun pada KD tertentu
| √
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
| |
§ Pemanfaatan Laboratorium o Mapel yang berhubungan dengan penggunaan laboratorium, menggunakan lab. Untuk kegiatan praktikum pada seluruh KD yang menuntut praktikum
§ Konsultasi mata pelajaran o Seluruh guru menyediakan waktu pada 1 hari tertentu dalam setiap pekan untuk konsultasi mata pelajaran bagi siswa § Bimbingan oleh Wali kelas o Seluruh wali kelas memberikan bimbingan secara klasikal 1 kali dalam 2 pekan sekurang kurangnya 1 x setiap bulan o Seluruh wali kelas melaksanakan peran dan fungsi sebagai konselor
| √
√
√
√
| √
√
√
√
| √
√
√
√
| √
√
√
√
| |
§ Pengelolaan pembelajaran dengan sistem bilingual o Studi kelayakan o Persiapan (Penyusuanan panduan & sosialisasi) o Uji coba o Penerapan |
√ √
√ √
|
√ √
√ √
|
√ √
√ √
|
√ √
√ √
| |
§ Peningkatan pelaksanaan penilain o Ulangan Harian o Penilaian Tengah semester § Seluruh guru melaksanakan ulangan harian/blok untuk seluruh KD o Penilaian Tengah Semester § Melaksanakan UTS o Ulangan Akhir Semester § Melaksanakan PAS § Melaksanakan UN/UM/AKM | √
√
√
√ √
| √
√
√
√ √
| √
√
√
√ √
| √
√
√
√ √
| |
§ Peningkatan pengawasan proses pembelajaran o Supervisi Klinis dan Tindak Lanjut § Guru mendapatkan supervisi klinis o 50 % o 50 % o 90 % o 100 %
|
√
|
√
|
√
|
√
| |
3 | Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan : | ||||
Peningkatan prestasi bidang akademik § Program Penguatan Mata Pelajaran Ujian Nasional dan Ujian Madrasah · Pengayaan 1. Kelas IX: o Pelatihan Baca Tulis Al-Quran yang diikuti seluruh siswa dengan target minimal siswa yang mahir BTQ o 75%. o 80% o 85% o 90% o Hafalan juz-amma diikuti seluruh siswa.dengan target minimal: o 60% siswa hafal juz-amma o 70% siswa hafal juz-amma o 80% siswa hafal juz-amma o 90% siswa hafal juz-amma
2. Kelas IX: · Hafalan juz-amma lengkap dengan artinya dengan target minimal 90 % · Tambahan bimbingan belajar mapel UN, UM, AKM Target minimal diikuti oleh 90% siswa setiap angkatan .
· Menyelenggarakan Lomba Cerdas- Cermat setiap tingkat siap mental dan keilmuan dalam mengikuti lomba di luar madrasah Target: · 80% · 85% · 90% · 95% · Mengikuti lomba-lomba dengan Target minimal: · juara II tingkat kabupaten · finalis tingkat provinsi · juara III tingkat propinsi · finalis tingkat nasional · Training Motivasi Siswa Kelas IX Target: · 80% · 85% · 90% · 95% § Tim Teaching Mata Pelajaran UN § Bina Prestasi Akademik Pra AKSIOMA · juara II tingkat kabupaten · finalis tingkat propinsi · juara III tingkat propinsi · finalis tingkat nasional
| √
√
√
√
√
√ √ √ √
√
√
√
| √
√
√
√
√
√ √ √ √
√
√
√
| √
√
√
√
√
√ √ √ √
√
√
√
| √
√
√
√
√
√ √ √ √
√
√
√ | |
Peningkatan prestasi bidang Non akademik § MATSAMA § Pembinaan OSIS § Pembinaan Ekstra Kurikuler § Pembinaan Imtak dan Akhlak Mulia |
√ √ √ √
|
√ √ √ √
|
√ √ √ √
|
√ √ √ √
| |
Peningkatan jumlah kelulusan § Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi Ke SLTA § Pembinaan dan Sosialisasi bimbingan Karir, untuk melanjutkan ke MA/Sekolah unggul | √
√
| √
√
| √
√
| √
√
| |
4 | Pemenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan : | ||||
§ Pemenuhan tenaga pendidik berkualifikasi minimal S-1 § Pemenuhan tenaga pendidik berlatar belakang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan § Peningkatan jumlah pendidik yang bersertifikat profesi pendidik § 80% § 90% § 95% § 100% § Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan § 50% § 60% § 70% § 80% § Peningkatan kemampuan pendidik dalam pengembangan bahan ajar § 50% § 60% § 70% § 80% § Peningkatan kemampuan guru Bimbingan Konseling dalam penyusunan program konseling § 60% § 70% § 80% § 80%
§ Pemenuhan tenaga perpustakaaan berlatar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya § Pemenuhan tenaga laboratorium berlatar belakang pendidinsesuai dengan tugasnya § Pemenuhan tenaga laboratorium memiliki kualifikasi pendidikan sesuai yang dipersyaratkan | √
√
√
√
√
√
√
√
√
| √
√
√
√
√
√
√
√
√
| √
√
√
√
√
√
√
√
√
| √
√
√
√
√
√
√
√
√
| |
5 | Pemenuhan Standar Sarana Prasarana : | ||||
Lahan § Peningkatan penataan lahan parkir kendaraan roda empat dan roda dua § Peningkatan penataan taman berwawasan adiwiyata
| √
√
| √
√
| |||
Bangunan Gedung § Pemeliharaan dan penataan bangunan gedung § Pemenuhan lampu penerangan ruang dan halaman § Pengadaan lampu senter , dispenser § Penataan ulang penempatan papan pengumuman/mading § Perbaikan papan Visi, Misi dan Tujuan madrasah § Pembuatan media vertikal garden § Pengecatan seluruh gedung § Pembuatan gedung kesenian/Gazebo serba guna § Penataan ruang lab. Komputer § Pengadaan lab. IPA § Penataan koridor depan kelas § Pemasangan sanitasi air dan wastapel § Pengadaan lapang tenis meja, dan ram volley § Penggantian keramik yang rusak dan tidak seragam § Pengadaan kantin refresentatif secara sentralistik di dalam lingkungan madrasah § Pengadaan tempat sampah organic non organik
| √
√
√ √
√
√ √ √
√ √ √ √
√
| √
√
√ √
√
√ √
√ √ √ √
√
√
| √
√
√
√
√
√
| √
√
√
√
√
| |
Ruang Kelas § Penataan dan pemeliharaan ruang kelas § Pengadaan lemari tiap kelas § Pengadaan infocus 1.25% 2.50% 3.75% 4.100% § Pelengkapan instalasi listrik setiap kelas § Penyediaan pengadaan papan Pajangan § Penyediaan ATK
| √ √
√
√ √ √
| √ √
√
√ √ √
| √ √
√
√ √ √
| √ √
√
√ √ √
| |
Ruang Perpustakaan § Pemeliharaan dan perbaikan instrumen pendukung § Penyediaan ATK, alat musik, AC dan tralis § Pemenuhan koleksi buku referensi siswa dan guru § Pengadaan buku pegangan untuk guru § Pengadaan infocus § Penambahan rak buku § Pengadaan bangku baca bebasis digital
| √
√
√ √ √ √ √
| √
√
√ √ √ √ √
| √
√
√ √ √ √ √
| √
√
√ √
√ √
| |
Laboratorium IPA, Bahasa, Komputer, Agama dan ruang multimedia § Laboratorium Komputer (Penataan Ruangan, Perlengkapan Komputer, kamera, infokus, spiker, dan lemari penyimpanan alat – alat ) § Laboratorium IPA ( Ruangan, Pengadaan bahan- bahan praktik, lemari penyimpanan alat – alat praktik) § Laboratorium Bahasa ( Ruangan dan Prangkat LAB) § Laboratorium Agama ( Ruangan, Pralatan Ibadah, referensi praktek ibadah berbasis digital, Laptof, infokus, TV, internet § Pengadaan Perangkat Dokumentasi (Camera Vidio) |
√
|
√
√
√
|
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
√
| |
Ruang Pimpinan, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang Tempat Beribadah § Pembenahan Ruang Pimpinan dan Ruang Tata Usaha § Pembenahan ruang guru berdasarkan jenis kelamin § Penambahan tempat ibadah putri
|
√
√
|
√
| |||
Ruang Konseling, Ruang UKS, Ruang Osis, § Pengadaan ruang kesiswaan secara sentralistik |
|
√
|
√
| ||
Aspek Jamban dan Gudang § Perbaikan dan penambahan WC § Pembuatan gudang keterampiilan dan TU | √ √
| √
| √
| √
| |
6 | Pemenuhan Standar Pengelolaan : | ||||
Perencanaan Program § Penyempurnaan dan sosialisasi Visi, Misi dan Tujuan Madrasah § Pemenuhan dan sosialisasi rencana kerja jangka menengah dan tahunan § Pemenuhan pelaksanaan kegiatan dan evaluasi madrasah tahunan
| √
√
√ |
√
√ |
√
√ |
√
√ | |
Pelaksanaan Pengembangan Pedoman Madrasah § Pemenuhan pedoman pengelolaan madrasah setiap unit kegiatan
|
√ |
√ |
√ |
√ | |
Pelaksanaan Pengembangan Struktur Organisasi Madrasah § Pemenuhan dan sosialisasi struktur organisasi madrasah tentang sistem penyelenggaraan dan administrasi § Pemenuhan dan sosialisasi uraian tugas, wewenang dan tanggungjawab penyelenggara dan administrasi madrasah |
√
√ |
√
√ |
√
√ |
√
√ | |
Pelaksanaan Kegiatan Madrasah § Pemenuhan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan § program kerja sama dengan instansi/ lembaga pendidikan lain dalam rangka pelaksanaan program: mulok, uji kompetensi, pendidikan berkeunggulan lokal, regional, dan nasional § Pemenuhan pertemuan rutin antara pimpinan, pendidik dan tenaga kependidikan § Pemenuhan pertemuan rutin antara pihak madrasahkomite dan orang tua
| √
√
√
√ | √
√
√
√ | √
√
√
√ | √
√
√
√ | |
Pelaksanaan Rencana Kerja Bidang Kepesertadidikan § Pemenuhan petunjuk pelaksanaan operasional proses penerimaan peserta didik § Pemenuhan layanan konseling secara optimal kepada seluruh peserta didik § Pemenuhan kegiatan ekstra yaitu: 1. Pramuka 2. Paskibra 3. Pencak Silat 4. Karate 5. Karawitan 6. Marawis 7. Olah Raga · Futsal · Bola Volly · Basket dan intrakurikuler yaitu: 1.OSIS 2.Aksioma 3. KIR
§ Pemenuhan pembinaan prestasi unggulan , yaitu 1.Aksioma 2.Bola Voly 3.Pencak Silat 4.Karate 5. Karya Ilmiah Remaja
§ Pemenuhan pelacakan terhadap alumni § Pemenuhan animo masyarakat lingkungan madrasah |
√
√
√ √ √ √ √ √
√ √ √
√ √
√ √ √ √ √
√ √
|
√
√
√ √ √ √ √ √
√ √ √
√ √
√ √ √ √ √
√ √
|
√
√
√ √ √ √ √ √
√ √ √
√ √
√ √ √ √ √
√ √
|
√
√
√ √ √ √ √ √
√ √ √
√ √
√ √ √ √ √
√ √
| |
Pelaksanaan Rencana Kerja kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran § Pemenuhan KTSP dan peraturan pelaksanaannya § Pemenuhan kalender pendidikan § Pemenuhan penilaian hasil belajar dan tindak lanjutnya § Pemenuhan dan sosialisasi peraturan akademik |
√
√ √
√ |
√
√ √
√ |
√
√ √
√ |
√
√ √
√ | |
Pelaksanaan Rencana Kerja Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan § Pemenuhan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan § Pemenuhan pengembangan pendidik dan tanaga kependidikan § Pemenuhan promosi pendidik dan tenaga kependidikan |
√
√
√
|
√
√
√ |
√
√
√ |
√
√
√ | |
Pelaksanaan Rencana Kerja Bidang Sarana dan Prasarana § Pemenuhan program pengelolaan sarana dan prasarana yang mengacu pada standar § Pemenuhan dan pendayagunaan sarana dan prasarana pendidikan § Pemenuhan pengelolaan peningkatan dan layanan perpustakaan § Pemenuhan dan pengembangan fungsi laboratorium serta petunjuk penggunaan § Pemenuhan fasilitas fisik kegiatan ektrakurikuler yaitu: 1. Pramuka 2. Paskibra 3. Pencak Silat 4. Karate 5. Karawitan 6. Marawis 7. Olah Raga · Sepak Bola · Futsal · Bola Volly · Basket dan intrakurikuler yaitu: · OSIS · Aksioma · KIR |
√
√
√
√
√ √ √ √ √ √
√ √ √ √
√ √ √
|
√
√
√
√
√ √ √ √ √ √
√ √ √ √
√ √ √
|
√
√
√
√
√ √ √ √ √ √
√ √ √ √
√ √ √
|
√
√
√
√
√ √ √ √ √ √
√ √ √ √
√ √ √ | |
Pelaksanaan Rencana Kerja Budaya dan Lingkungan Madrasah § Pemenuhan suasa iklim dan lingkungan yang kondusifberwawasan adiwiyata § Pemenuhan dan sosialisasi pedoman tata tertib madrasah § Pemenuhan dan sosialisasi kode etik madrasah |
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
|
√
√
√
| |
Pelaksanaan Peran serta Masyarakat dan Kemitraan Madrasah § Pemenuhan jalinan kemitraan dengan instansi//lembaga pendidikan lain dalam rangka pengembangan madrasah § Pemenuhan sistem kemitraan dengan perjanjian tertulis
|
√
√
|
√
√
|
√
√
|
√
√
| |
Pengawasan dan Evaluasi § Pemenuhan program pengawasan yang obyektif, bertanggungjawab dan berkelanjutan § Pemenuhan kinerja komite madrasah dalam pemantauan dan pengelolaan madrasah § Pemenuhan supervisi pengelolaan akademik oleh Guru senior, kepala madrasah dan pengawas § Pemenuhan hasil evaluasi Siswa dari penilaian guru § Pemenuhan laporan pelaksanaan teknis dan tenaga kependidikan kepada kepala madrasah § Pemenuhan laporan hasil evaluasi oleh kepala madrasah kepada pihak-pihak yang berkepentingan § Pemenuhan evaluasi diri madrasah (EDM) aksi kinerja madrasah § Pemenuhan evaluasi dan pengembangan KTSP § Pemenuhan evaluasi pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan § Pemenuhan upaya peningkatan nilai akreditasi | √
√
√
√
√
√
√
√
√
√ | √
√
√
√
√
√
√
√
√
√ | √
√
√
√
√
√
√
√
√
√ | √
√
√
√
√
√
√
√
√
√
| |
Sistem Informasi Manajemen § Pemenuhan dan pengelolaan sistem informasi madrasah § Pemenuhan petugas layanan Informasi
| √
√ | ||||
Kesiapan Madrasah § Pemenuhan Rintisan madrasah Bilingual § Peningkatan kemampuan Warga madrasah dalam berkomunikasi bahasa Arab Inggris § Peningkatan kemampuan tenaga kependidikan dalam menggunakan computer | √
√
√ | √
√
√
| √
√
√ | √
√
√ | |
Dukungan Eksternal § Peningkatan dukungan komite madrasah § Pemenuhan sosialisasi dan pernyataan keinginan melaksanakan rintisan madrasah bilingual dari pihak orang tua § Pemenuhan dukungan tertulis dari pihak kementrian agama tingkat kabupaten Garut untuk pelaksanaan rintisan madrasah bilingual § Pemenuhan dukungan dari perguruan tinggi , LPMP, dalam pengembangan madrasah katagori mandiri § Pemenuhan dukungan asosiasi profesi, organisasi non struktural (KKM, MGMP, PGM,Dewan Pendidikan) dalam pengembangan maadrasah bilingual dan katagori Computational Thingking | √ √
√
√
√ | √ √
√
√
√ | √ √
√
√
√ | √ √
√
√
√ | |
7 | Standar Pembiayaan : | ||||
§ Pemenuhan alokasi biaya pendidikan dan operasional § Optimalisasi sumber-sumber pembiayaan pendidikan § Pemenuhan pedoman pengelolaan pembiayaan yang mengacu pada standar pendidikan § Peningkatan pelaporan penggunaan dana § Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana | √
√
√
√
√ | √
√
√
√
√ | √
√
√
√
√ | √
√
√
√
√ | |
8 | Standar Penilaian Pendidikan : | ||||
§ Pemenuhan rencana jadwal pelaksanaan penilaian ; Ulangan Harian, PTS, PAS, UN,UNM dan AK dan Remedial o Setiap guru melaksanakan Ulangan Harian sesuai dengan KD; o Madrasah melaksanakan PTS, PAS, UN,UM AKM dan remedial sesuai dengan kalender pendidikan § Remedial dan Pengayaan o Semua guru melaksanakan program remidial dan pengayaan untuk setiap penilaiain § Pemenuhan perangkat penilaian ( form ) o Penyesuaian dan penyempurnaan § Pengembangan teknik-tekink penilaian o Seluruh guru menggunakan penilaian non tes, yaitu tugas tatap muka, terstruktur dan mandiri § Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian o Seluruh guru mengembangkan kisi-kisi, soal dan analisis sekurang-kurangnya 1 kali per semester § Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian o Penyempurnaan perangkat pendokumentasian penilaian o Semua mata pelajaran/guru dan siswa mendokumentasikan hasil tugas, ulangan dan ujian secara portofolio
§ Peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) o Penguatan proses pembelajaran, penilaian dan remidial guna memperoleh nilai rapor yang memadai untuk target rata-rata KKM : § 72 § 73 § 74 § 75 § Peningkatan perolehan hasil UN,UM dan AKM serta mempertahankan prosentasi kelulusan o Penguatan proses pembelajaran pada materi yang sesuai dengan kisi-kisi UN,UM,AKM, sejak kelas VIII dan pemantapan menjelang UN, UM,AKM, o Penguatan proses pembelajaran, penilaian dan remidial guna memperoleh nilai rapor yang memadai untuk target rata-rata nilai madrasah: § 67,50 § 70,00 § 72,50 § 75,00 § Pengembangan mekanisme penyampaian hasil penilian kepada peserta didik dan orang tua o Penyempurnaan cara pembagian rapor siswa kepada orang tua siswa o Wali kelas melaporkant dokumen portofolio nilai siswa kepada orang tua
§ Peningkatan Prosentase melanjutkan kejenjang SLTA § Peningkatan prosentasi melanjutkan ke madrasah/sekolah unggul
|
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√ |
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√ |
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√ |
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√
√ |