POJOK BAHASA BILINGUAL
Kegiatan pembuatan
pojok bahasa salah satu program team bilingual MTs Al Musaddadiyah Garut. Pojok
bahasa ini merupakan sarana yang dibuat untuk menunjang siswa dalam
meningkatkan kualitas bahasa, di pojok bahasa ini terdapat kosakata – kosakata
seperti kata kerja, kata benda dan lain sebagainya.
Pojok bahasa ini dibuat
semenarik mungkin agar siswa tertarik untuk membaca dan melihat kosakata supaya
membiasakan siswa dalam menjalankan kegiatan berbahasa asing.
Adapun bahasa yang
digunakan dalam pojok bahasa ini adalah bahasa inggris dan bahasa arab, seluruh
kosakata ini akan menjadi bahan agar siswa menggunakan bahasa dengan baik dan
benar dalam rangka menjalankan giat hari bahasa di MTs Al Musaddadiyah. Di
pojok bahasa ini tidak hanya berupa visual kosakata saja tapi aka nada spot
untuk sekedar duduk – duduk santai sambil mengingat bahasa yang terdapat pada
dinding pojok bahasa.
Pojok bahasa ini
diharapkan menjadi daya tarik siswa MTs Al Musaddadiyah garut untuk lebih sadar
dalam berbahasa dann lebih semangat untuk berbahasa karena dari hal kecil yang
disiapkan akan menjadi hal besar yang nantinya akan menjadi bekal siswa siswi
MTs Al Musaddadiyah Garut untuk mampu bersaing dalam bidang bahasa, karena
bahasa adalah alat komunikasi yang paling penting bagi manusi
Pojok bahasa ini
diharapkan menjadi daya tarik siswa MTs Al Musaddadiyah garut untuk lebih sadar
dalam berbahasa dann lebih semangat untuk berbahasa karena dari hal kecil yang
disiapkan akan menjadi hal besar yang nantinya akan menjadi bekal siswa siswi
MTs Al Musaddadiyah Garut untuk mampu bersaing dalam bidang bahasa, karena
bahasa adalah alat komunikasi yang paling penting bagi manusia.
Banyak penelitian yang
mengungkapkan yang mengungkapkan bahwa mendidik anak di lingkungan bilingual
atau multilingual tak hanya baik untuk melatih mapupun berbahasanya, tapi juga
turut membantu perkembangan kognitif, kecerdasan, social, dan kemampuan
berkomunikasi anak
Selain itu, menjadi
bilingual atau multilingual juga disebbut dapat membantu anak agar lebih
kreatif dan mencapai prestasi akademik yang lebih baik di sekolah. Tujuan
penerapan pojok bahasa pada program bilingual ini adalah mempercepat kebaikan
mutu pendidikan anak dari berbagai kelompok masyarakat, sehingga mampu mencapai
kesejajaran standar nasional dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan bahasa.
Lebih tepatnya, jika
kita sudah mahir dalam berbahasa, secara tidak langsung kita juga bias
mendapatkan berbagai macam kemampuan lainnya baik dari literature atau saat
berbicara dengan orang asing yang kita faham dengan bahasanya. Berikut
merupakan kemampuan yang akan muncul ketika kita berada di tahap betul 0 betul
mahir berbahasa :
1.
Mengenali diri sendiri
2.
Lebih memahami orang lain
3.
Mampu mengamati dunia sekitar
4.
Bias mengembangkan proses berpikir yang
jelas dan teratur
Besar harapan kami agar
pojok bahasa ini menjadi sarana yang dapat meningkatkan kualitas berbahasa
siswa – siswi MTs Al Musaddadiyah garut menjadi lebih baik lagi
Syukron ‘ala
ihtimaamikum ….
Thank you for your
attention …
Salam Bahasa !